Geophysicists

Untuk menjadi seorang geophysicist yang sukses, kita harus memiliki latar belakang pengetahuan yang kuat, pemikiran atas keingintahuan yang tinggi, dan ketertarikan yang besar terhadap fenomena alam. Hal dasar ini  sangat mutlak diperlukan mengingat tantangan yang besar menanti geophysicist di kehidupan pekerjaan. Geophysicist bekerja mengukur, memeriksa, dan menjelajahi kekayaan internal bumi, dari interior sampai atmosfer, dari dasar samudera sampai puncak gunung api. Hal ini tentu menuntut kita untuk memiliki komitmen yang tinggi. Aktivitas rutin harian akan banyak dilakukan sejalan dengan peranan geophysicist mengamati fenomena alam yang bersifat real-time. Membaca peralatan pengukuran seperti seismograf, mengamati kejadian alam seperti gelombang pasang dan medan elektromagnetik suatu wilayah, dan menulis laporan mengenai kejadian-kejadian tersebut akan menjadi kewajiban ketika sudah memutuskan untuk bekerja sebagai geophysicist.

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang geophysicist, haruslah mempunyai keahlian tertentu pada akhirnya. Misalnya, apakah kita ingin menjadi seroang volkanologis yang ahli dalam pergunungapian, atau seorang seismologis yang mengamati kejadian gempa tiap harinya, atau seorang geophysicist yang bekerja pada tahapan eksplorasi menemukan lokasi cebakan hidrokarbon dan mineral pada dunia perminyakan dan pertambangan, ataupun geophysicists yang ahli bidang geothermal khususnya pada eksplorasi dan monitoring serta banyak spesialisasi lainnya. Keputusan ini akan terbentuk seiring dengan masa pendidikan sebagai seorang geophysicist atau pengalaman yang membawa kita kepada spesialisasi apa yang akan kita kerjakan di dunia pekerjaan nanti. Pada intinya, kita memerlukan spesialisasi sebagai seorang geophysicist. Berikut akan dijelaskan beberapa peranan geophysicist dalam beberapa bidang. Akan banyak ditemukan peranan-peranan geophysicist lainnya karena sebenarnya cakupan pekerjaan sebagai geophysicist sangatlah luas.

  • Geophysicist untuk Gunung api (Volkanologis)Gunung api adalah salah satu fenomena alam yang menarik. Mempelajari struktur permukaan bumi yang menjulang tinggi ke atas permukaan, dan mengamati kejadian-kejadian yang terjadi di dalamnya. Seorang geophysicist mempunyai tanggung jawab yang besar pada bidang ini. Pada zaman dahulu, mungkin bidang kegunungapian didominasi oleh mereka yang berasal dari bidang geologi, geokimia, dan geodesi. Namun, setelah dikembangkannya geofisika sebagai bidang ilmu yang dapat diterapkan secara real-time untuk memantau perkembangan gunung api, para geophysicist memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dengan ketiga bidang di atas. Geophysicist atau lebih lanjut di bidang ini disebut sebagai volkanologis bekerja memantau aktivitas seismik pada gunung api. Sampai saat ini, gelombang seismik adalah satu-satunya metode teraktual untuk memantau kegiatan gunung api.Lulusan Geofisika di bidang kegunungapian dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Departemen ESDM, BMKG, atau instansi swasta lainnya.
  • Geophysicist untuk Gempa bumi (Seismologist)Gempa bumi menjadi akrab di telinga penduduk Indonesia dan dunia yang menempati wilayah jalur gempa utama (zona tumbukan tiga lempeng besar).  Kesiapan terhadap bencana ini adalah sesuatu yang mutlak diperlukan bagi seluruh penduduk Indonesia, bukan hanya bagi geophysicist. Walaupun sesungguhnya kejadian bencana gempa bumi tidak dapat dihindari, namun dampak dari bencana tersebut yang harus diminimalisasi. Geophysicist bertugas untuk mengamati rekaman seismik yang telah dipasang pada stasiun-stasiun pengukuran, kemudian melakukan analisis mengenai kemungkinan terjadinya gempa bumi. Pekerjaan di bidang ini tentu mempunyai tanggung jawab yang besar, karena pada akhirnya, akan bertanggung jawab terhadap keselamatan jiwa dalam jumlah yang besar.Lulusan Geofisika di bidang seismologi dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Pertamina Geothermal Energy ataupun perusahan yang bergerak dibidang Energi Panas Bumi atau instansi swasta lainnya.
  • Geophysicist untuk Perminyakan dan PertambanganIndustri migas dan pertambangan menempati tempat yang paling banyak diminati oleh lulusan geofisika. Selain ketersediaan lapangan kerja yang lebih umum di bidang ini, ahli geofisika memang banyak dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang secara berkala dilakukan oleh instansi terkait. Bidang pekerjaan geophysicist di bidang perminyakan dan pertambangan cukup banyak, mulai dari akuisisi data di lapangan. Data yang diambil akan bergantung dari metode geofisika apa yang digunakan, seperti magnetik, gayaberat, seismik, geolistrik, dan lain-lain. Setelah data diperoleh, ada geophysicist yang bekerja di bagian processing untuk mengolah data hasil akuisisi, karena data yang diperoleh pada saat akuisisi tidak bermakna apa-apa sebelum diolah pada tahap ini. Setelah data diolah, menjadi sangat penting untuk melakukan interpretasi data. Untuk menentukan di mana lokasi pengeboran atau penambangan akan dilakukan, tentu dengan bantuan kemampuan geologi, atau bantuan geologis secara langsung.Lulusan Geofisika di bidang perminyakan dan pertambangan dapat bekerja di banyak instansi pemerintah dan swasta. (Sangat banyak perusahan Minyak n Mining yang ada di Indonesia, so Anda tidak akan pernah menyesal jika anda kuliah di Geofisika)
  • Geophysicist untuk GIS/SurveyorSegala hal yang berbau geofisika pasti tidak lepas dgn namanya IT (software) salah satu keuntungan yang di dapat di Geofisika adalah memadukan teori dan IT.  Geofisika punya peran penting dalam hal penentuan suatu zona atau wilayah yang memiliki potensi ataupun anomali, nah salah satu cara untuk melihat itu adalah melalui foto satelit dan pembuatan peta. Disinilah peran geophysicist dalam proses pembuatan peta. Bidang pekerjaan geophysicists di bidang GIS dan surveyor sangat menjanjikkan, dan cukap banyak diminati dan ditekuni oleh kalangan geophysicists. Kenapa?? Anda cukup mengusai software ArCgis, ErMapper, Global Map, Map Source, etc. Anda akan dicari oleh perusahaan, karena setiap perusahaan pasti membutuhkan geophysicist dalam bidang GIS dan itu mutlak adanya di dalam suatu instansi.Lulusan Geofisika dibidang GIS dapat bekerja di banyak Instansi Pemerintah dan Swasta. Diantaranya LAPAN, BAKOSURTANAL, TNI, Dinas PU dan Tata Ruang, dan banyak lainnya.

Pada akhirnya, keputusan untuk memiliki spesialisasi sebagai seorang geophysicist sangatlah penting, karena dunia membutuhkan kita, wahai Sang Geophysicist.

Jangan pernah ragu dalam menentukan pilihan, karena pilihanmu akan menentukan masa depanmu..
tetaplah fokus…

3 thoughts on “Geophysicists

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s