What About Geophysics?

Manusia adalah bagian dari bumi, oleh karena itu manusia berkewajiban mengerti bagaimana bekerjanya bumi kita ini. Studi mendalam tentang bumi dan segala fenomena yang terkait disebut ilmu kebumian. Untuk mengerti bumi secara ilmiah, seseorang sebaiknya belajar astronomi, meteorologi, aceanografi, geologi, geofisika dan juga geografi ditambah dengan engineering. Tentu saja matematika, fisika, kimia dan biologi juga harus di pahami. Rupanya seseorang saja tidak dapat mendalami bidang-bidang ilmu tersebut di atas, apalagi dengan meledaknya ilmu pengetahuan dan teknologi selama abad 20. Walaupun demikian pengertian yang mendalam tentang bumi sangat diperlukan.

Permukaan bumi dapat dipelajari dengan teknik pemetaan geologi konvensional, tetapi bagian dalam bumi, bentuk benda geologi, struktur lapisan dan tegangan (stress) hanya dapat diteliti, antara lain, dengan geofisika. Untuk pengambilan data lapangan memerlukan pengetahuan mendalam tentang geologi dan fisika dan peralatan rumit yang dirancang berdasarkan ilmu mekanik dan elektronik. Analisis dan pengolahan data geofisika memerlukan pengetahuan matematik dan tentu geologi.

Geophysic is concerned with large-scale, more universal aspects of the earth wich characterize it in common with orther planets and the stars. The earth may be considered as a series of concentric spheres: the lithosphere comprising the core, mantle and crust: roofed over by oceans, glaciers and icecaps; and the atmosphere, roofed over by the ionosphere and the still-to-be-explored shells of charged particles above. The same of similar forces, tides and currents flow through each of these spheres, and each is intermeshed in its dynamics with the others

Tujuan Pendidikan

Program Studi Geofisika, bertujuan meng-hasilkan lulusan (sarjana) yang berke-mampuan dalam mengidentifikasi, meru-muskan, manganalisis, dan memecahkan permasalahan dalam mengeksplorasi, dan mengkonservasi sumberdaya alam (SDA) dan mutu keberadaan sumberdaya manusia (SDM). Menentukan pilihan strategi dalam mengembangkan metode-metode pemanfa-atan SDA dan upaya upaya peningkatan mutu SDM.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Geofisika menyajikan mata kuliah utama:  Metode-metode Geofisika, Seismik Ekplorasi, Seismologi, Geodinamika, Gra-vitasi, Instrumen Geo-fisika, Pemetaan, Penginderaan Jauh, Sistim Informasi Geografis, Dinamika Lautan, dan sebagainya

Daya tampung

Program studi Geofisika  dapat me-nampung mahasiswa sekitar 72 orang setiap tahun.

Lapangan Kerja

Sarjana Geofisika dapat bekerja dalam berbagai usaha bidang pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya alam seperti pertambangan dan energi, Badan Me-teorologi dan Geofisika, Lembaga Pene-litian, LIPI, BAKOSURTANAL, LAPAN, BPPT, perusahaan minyak, TNI/POLRI, bidang penataan/pengendalian keseimbangan ling-kungan, perikanan pantai, penataan dan optimalisasi pemanfaatan pantai. Di samping itu juga dapat bekerja dalam berbagai bidang penelitian mengenai pengembangan pemanfaatan bahan galian, baik sebagai tenaga ahli maupun sebagai pemilik usaha, konsultan pemetaan atau berprofesi sebagai akademisi.

sumber : http://www.unhas.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s